Minggu, 29 Mei 2016

Recapping dengan Kapasitor yang Bagus



Kapasitor Elektrolit (Electrolyte Capacitor)
Kapasitor Elektrolit adalah kapasitor yang bahan Isolatornya terbuat dari cairan elektrolit (Electrolyte) dan berbentuk Tabung / Silinder. Kapasitor Elektrolit atau disingkat dengan ELCO ini sering dipakai pada Rangkaian Elektronika yang memerlukan Kapasintasi (Capacitance) yang tinggi. Kapasitor Elektrolit yang memiliki Polaritas arah Positif (-) dan Negatif (-) ini menggunakan bahan Aluminium sebagai pembungkus dan sekaligus sebagai terminal Negatif-nya. Pada umumnya nilai Kapasitor Elektrolit berkisar dari 1µF hingga ribuan microfarad (µF). Biasanya di badan Kapasitor Elektrolit (ELCO) akan tertera Nilai Kapasitansi, Tegangan (Voltage), dan Terminal Negatif-nya. Hal yang perlu diperhatikan, Kapasitor Elektrolit dapat meledak jika polaritas (arah) pemasangannya terbalik atau melewati batas kemampuan tegangannya.

Fungsi Kapasitor dalam Rangkaian Elektronika

Pada Peralatan Elektronika, Kapasitor merupakan salah satu jenis Komponen Elektronika yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan Kapasitor memiliki banyak fungsi sehingga hampir setiap Rangkaian Elektronika memerlukannya.
Dibawah ini adalah beberapa fungsi daripada Kapasitor dalam Rangkaian Elektronika :
  • Sebagai Penyimpan arus atau tegangan listrik
  • Sebagai Konduktor yang dapat melewatkan arus AC (Alternating Current)
  • Sebagai Isolator yang menghambat arus DC (Direct Current)
  • Sebagai Filter dalam Rangkaian Power Supply (Catu Daya)
  • Sebagai Kopling
  • Sebagai Pembangkit Frekuensi dalam Rangkaian Osilator
  • Sebagai Penggeser Fasa
  • Sebagai Pemilih Gelombang Frekuensi (Kapasitor Variabel yang digabungkan dengan Spul Antena dan Osilator)

Kapasitor sekarang umumnya  berlabel 105 derajat celcius, mempunyai  rentang umur yg lebih panjang  dan lebih tahan temperatur tinggi dibandingkan dengan kapasitor yang berlabel  85 °C. Tapi tentu saja perusahaan pembuat kapasitor yg menjadi kunci dlm menentukan daya tahan sebuah kapasitor. kapasitor buatan Jepang lebih diutamakan dalam pemilihan kapasitor.

Secara garis besar spesifikasi sebuah kapasitor ditentukan oleh :

  • -      Tegangan kerja ( jika tegangan yang melalui kapasitor lebih besar dari speknya, dapat dipastikan kapasaitor tersebut akan rusak, bahkan meledak ).
  • -      Temperatur kerja ( semakin tinggi temperatur kerja yang tertera di kapasitor, semakin panjang umur / daya tahan kapasitor tersebut. Bila dilihat dari suhu lingkungan kerja kapasitor, maka semakin tinggi suhunya, semakin pendek umur kapasitor tersebut.
  • -      kapitansi
  • -      Nilai Tolerasi dr sebuah kapasitor ( biasanya sekitar + 20 % ).
  • -      polarity ( umumnya terdapat di Electrolit kapasitor )
  • -      ESR ( nilai tahanan seri sebuah kapasitor ), semakin kecil nilai esr, semakin efisien arus keluaranmya.
  • -      ripple current
  • -      leakage current
  • -      Ukuran capacitor, semakin besar sebuah kapasitor, semakin mudah membuang panas dan juga semakin besar jumlah dielectiknya.


Masalah utama dari penggunaan kapasitor jepang adalah harganya yang tinggi dan ketersediaannya yang terbatas. Kebanyakan pabrik elektronik di china memakai kapasitor lokal yang harganya sangat murah dan banyak tersedia dipasar sana. Disini terori ekonomi yang lebih dipilih ketimbang kualitas produk yang dihasilkan, yakni memaksimalkan keuntungan, mengecilkan ongkos produksi semurah mungkin.

Untuk capacitor Solid Polymer, semua type dianggap bagus, karena kemampuannya yg lebih tahan temperatur tinggi dibandingakan dgn elektolit kapasitor. Sejauh ini belum ditemukan laporan kerusakan yang berarti dari solid plymer capassitor.

Menurut Aris M, pengarang PSUs 101: A Detail Look Into Power Supplies , terdapat beberapa pembagian tingkatan ( tier ) kapasitor elektrolit berdasarkan pabrikan pembuatnya :

Kapasitor Tier 1
Semua kapasitor buatan Jepang dianggap bagus. merek pabrikan Jepang :
-      Nippon Chemicon 
-      Rubycon 
-      Nichicon 
-      Sanyo/ Suncon 
-      Panasonic 
-      Hitachi 
-      FPCAP ( functional Polymer Capacitor ) Ex Fujitsu Capacitor segment yang dibeli oleh           Nichicon 
-      Elna
Disamping  Kapasitor Jepang, terdapat jg bbrp pabrikan US dan eropa yang dianggap membuat kapasitor berkualitas,
-      Cornell Dubilier (USA) 
-      illinois Capaccitor ( sekarang dimiliki Cornell Dubilier ) 
-      Kemet Corporation (USA) 
-      Vishay (USA) 
-      Epcos ( TDK company, jerman ) 
-      Wurth Electronik ( Jerman )

kapasitor Tier 2 
-      Taicon ( kepunyaan Nichicon ) 
-      Teapo 
-      Samxon ( kecuali seri GF yg dianggap kelas rendah ) 
-      OST 
-      Toshin Kogyo

Kapasitor Tier 3  
-   Jamicon 
-      Capxon

Kapasitor Tier 4 
§    G-Luxon 
§    Su'scon 
§    Elite 
§    Lelon 
§    Ltec 
§    Jun Fu 
§    Fuhjyyu 
§    Evercon

Seperti yang umum kita ketahui,  mayoritas barang elektronik seperti  dvd,  tv, lcd , adaptor, power supply, PSU yang beredar disini, banyak yang mengunakan kapasitor  tier empat.
Tahukah anda,  mayoritas penyebab kerusakan barang elektronik terutama yang buatan china,  disebabkan oleh kapasitor  yang  berkualitas jelek. Dalam pemakaian normal , maka komponen elektronik yang paling rentan adalah elco. karena mengguna cairan elektrolit, kapasitor  kualitas rendah tersebut cepat kering cairan elektolitnya.

Awal kerusakan kapasitor biasanya dimulai dgn naiknya nilai ESR, diikuti naiknya ripplenya, suhu badan kapasitor tersebut juga mulai meningkat,  tentunya efisien sistem tersebut mulai menurun.
Keadaan tersebut berlangsung sampai ada komponen2 lainnya yang rusak,  kadang2 sampai kapasitor yang rusak tersebut meledak.
Jikalau barang elektronik  anda buatan china atau korea, silhkan dicek apakah ada tanda2 kapasitor yang mulai rusak. Biasanya ditandai dengan  ”kehamilan" pada badan kapasitor yang rusak.

Secara pribadi, saya menganggap recapping ( mengganti kapasitor ) merupakan asuransi  wajib untuk barang elektronik kita. Cuman asuransi yang ini tergolong murah dan bebas provisi, komisi hehehehe.
Untuk PSU atau barang elektronik lainnya yang sudah memakai kapasitor jepang, gak ada salahnya untuk recapping, bila unit tersebut sudah mulai berumur.

Pemilihan Kapasitor yang bagus
Tentunya banyak yang bertanya, bila ingin melakukan recapping, kreteria apa saja yang perlu diperhatikan selain menggunakan kapasitor buatan jepang ?. Secara garis besar, beberapa point ini perlu anda perhatikan dalam memilih kapasitor :

  • -          Pilihlah kapasitor yang mempunyai nilai ESR / nilai impedance yang paling rendah. Semakin rendah nilai   esr / impedancenya, maka outputnya semakin efisien.  Kapasitor yang mulai rusak atau  yang sudah berumur, biasanya ditandai dengan meningkatnya nilai ESR, yang berakibat pada meningkatnya suhu pada badan kapasitor, tentunya berakibat juga pada penurunan efisien dari sistem tersebut.
  • -          Pilih kapasitor yang mempunyai  nilai ketahanan paling lama. Hal ini dapat dilihat dari katalog informasi kapasitor. Misalnya Elco 16V 2200uf Nippon Chemicon KY mempunyai ketahanan  10.000 jam pada temperatur  105
  • -          Perhatikan jumlah  ripple current yang dapat dihandel kapasitor. Misalnya sebuah Elco 16V 1000uF Nippon Chemicon  KMG dipakai untuk menghaluskan output power supply  1A.  Dilihat dari katalognya, kapasitor jenis ini hanya sanggup menangani arus maksimal 560mA aja. Bila pemakaian power supply tersebut dibawah 500mA, maka ripple tegangan output  PSU masih akan baik2 saja,  bila beban PSU diatas 500mA, dapat dipastikan ripple tegangan akan naik.  Gantilah dengan kapasitor yang sanggup menghandel arus ripple diatas 1000mA, atau tambahkan  kapasitor secara paralel.
  • -          Pilihlah voltase kapasitor diatas voltase pemakaian.


Untuk Power Supply Unit, kebanyakan PSU (yang sdh menggunakan kapasitor  Jepang) yang beredar disini, menggunakan Nippon Chemi-con seri  KY dan KZE, dan juga Rubycon seri YXF, YXG. Anda dapat menggantikannya dengan seri yang sama atau seri yang lebih tinggi lagi seperti Nippon Chemi-con  seri KZH, KZM, KZN dan untuk Rubycon seri ZLH, ZLJ. Seri seri  terakhir yang saya sebutkan mempunyai  ESR / impedance yang lebih rendah dan berdaya tahan  10.000 jam pada 105 C.
Bila ingin seri yang lebih baik dari yang saya sebutkan diatas, adanya bukan lg di ElCO, tetapi melainkan Solid Polymer Capacitor. kapasitor tersebut biasanya hanya dijumpai pada PSU papan atas, kelas gold, platinum dan titanium. Kapasitor solid terkenal mempunyai  ESR yang amat sangat rendah, daya tahan terhadap temperatur kerja yang tinggi. Beberapa seri Solid kapasitor dari Nippon Chemicon mempunyai daya tahan 20.000 jam pada temperatur 105 C.
Jikalau anda membaca review suatu  PSU, dan anda menemukan unit tersebut  banyak memakai  Solid Polymer dari Nippon Chemi-con, maka hampir dapat dipastikan PSU tersebut akan mempunyai output ripple tegangan yang amat sangat rendah.

Buat pembaca tentunya banyak yang bingung dimana tempat membeli kapasitor yang bagus ?
 Kabar bagusnya, sekarang  anda dapat dengan mudah menemukan kapasitor yang bagus di Anekatronik.com. Anekatronik.com menyediakan berbagai macam elco jepang dan juga solid polymer kapasitor kualitas terbaik.







69 komentar:

  1. thanks infonya pak, sangat menambah wawasan bagi neubi sepertiku dalam hal elektronik (Y)

    BalasHapus
  2. http://freetexthost.com/mr0yvdywkw

    pswd:: pix

    BalasHapus
  3. http://freetexthost.com/uwcv0glutq

    JUAL FOTO di SINI....lihat password di akun FB ini :


    https://free.facebook.com/widiaksonx.widiaksonx?v=timeline&lst=100024812598752%3A100024812598752%3A1520916525

    BalasHapus
  4. alamat toko dimana pak ?, lg nyari kapasitor kualitas baik utk merakit kapasitor bank mobil

    BalasHapus
  5. http://kl1p.com/infogadis68/plain

    publikasi Profilbook...

    BalasHapus
  6. http://ajian-gratis.blogspot.com/2013/10/aji-kulhu-geni-bakar-demitjinmakhluk.html?m=1

    Qulhu Geni Pembakar JIN ?!?!

    BalasHapus
  7. Pada tanggal 25-juli-2018 dono pagi hari sekali berangkat ke surabaya sama temannya ....sampai jam 12.00 malam TIDAK pulang .....aneeeeeeh....!!

    BalasHapus
  8. Ada balas dendam ROH mungkin ...di kejar kejar arwah ....kemana saja di kejar....!!!

    BalasHapus
  9. https://free.facebook.com/sexmelanie/?refid=46&__xts__

    Mau NO HP GADIS? Kirim pesan ke melanie!!!

    BalasHapus
















  10. Setiap malam ada istighosah di rumah oleh IBU ...ada yang mau ikut ?

    https://free.facebook.com/warnopetibuah.petibuah?fref=nf&refid=7&_ft_=qid.6582430264590646967%3Amf_story_key.-8548285517834814946%3Atop_level_post_id.273130300160139%3Asrc.22%3Aphoto_id.273123260160843&__tn__=C-R






    BalasHapus
  11. Akun petibuah itu jual KERIS Rp 7 M siapa mau beli ?

    BalasHapus
  12. Nyata :

    Pada 26 -7-2018 kamis malam aku coba ini ,Kaca kecil saja di taruh di luar rumah,depan kaca di taruh bungkusan kain isinya botol ada daun sirih,bunga sedap malam dan tanah dari kuburan terus di masukan buntelan kain dan di ikat,MATIKAN LAMPU ....jam 11.30 aku taruh di luar rumah
    Lalu zikir ...eeh pada jam 12.30 aku ambil heran koq ikatan bungkusan kain itu tidak KERAS seperti ada yang lepas ...percaya tidak coba sendiri ?!?!

    BalasHapus
  13. Setiap partai WAJIB memiliki orang ,bertugas
    bekerja sama dengan berbagai pihak mewujudkan program
    BERSAMA...di kejar KPK nanti ...

    BalasHapus
  14. https://m.kumparan.com/ari-ulandari/mengintip-desain-mobil-terbang-masa-depan

    Good disain...!!!

    BalasHapus
  15. http://m.erabaru.net/2016/04/13/ilmuwan-asteroid-raksasa-akan-menghantam-bumi-pada-2036-mendatang/

    Pemusnahan manusia....!!!

    BalasHapus
  16. https://free.facebook.com/Profilbook-1732667593449842/?v=feed&_rdr

    Publikasi profilbook....

    BalasHapus
  17. https://free.facebook.com/niken.dwi.3705?v=timeline&lst=100026034185654%3A100012609286875%3A1532370722

    Mau CALL gadis ? Kirim pesan ke Niken DWI..!!

    BalasHapus
  18. Baling baling di mesin DRONE harus bisa di lipat ....ukuran mobil drone jadi kecil....

    BalasHapus
  19. https://m.youtube.com/#/watch?v=IiSkkkYm5Rg

    Ramalan gadis kecil....!!!

    BalasHapus
  20. Begitu pc / hp di on kan power e masuk kememory byte code interupsi ,baru masuk address ????? Sudah terbaca dir dan file di dalam tar.gz itu makanya kernel di flas ke hp itu dalam ujud tar.gz....

    BalasHapus
  21. Berhasil baca dir dan file di dalam tar.gz itu
    di loading logo dan suara ...kreng kreng ..itu
    di cetak icon icon dan di execute file manager bukan tampilkan isi tar.gz tapi
    di drive...

    BalasHapus
  22. Aku juga disain mesin bakar mirip mesin wenkel kalo wenkel segitiga maka mesin itu
    ada ruang berbentuk WARU (logo CINTA).!!

    BalasHapus
  23. ROKET ELEKTRON: seperti TV Tabung ada picu elektron ,picu ini di buat ribuan biji
    berkeliling seperti lilitan travo hasilkan aliran elektron di pampat kan mirip roket
    muncul Tenaga Dorongan ...

    BalasHapus
  24. http://gambarxxxxxxx.mxxxx/

    Website ini dari mana asalnya?!

    BalasHapus
  25. http://gudangmantra.blogspot.com/2014/05/asma-samawat.html?m=1

    Aku tiap hari baca ini ,kirim al-fatehah ke nabi muhamad,khulafaur rasyidin,4 malaikat dan orang suci ....

    BalasHapus
  26. http://islamdetikini.blogspot.com/2017/04/waspadalah-diramalkan-pulau-jawa-akan.html?m=1

    Koq jawa banyak lagi benua tenggelam ...mau kiamat !!!

    BalasHapus
  27. http://googleweblight.com/i?u=http://gambarxxxxx.xxxi/&grqid=IV4ZN2Mx&hl=id-ID&geid=1032&grqid=IV4ZN2Mx&geid=1032&grqid=IV4ZN2Mx&geid=1032

    BalasHapus
  28. Tgl 3-8-2018 jum'at pagi ibu beli ikan laut di masukan plastik taruh lemari kuning ,aku open APK flirt dating muncul foto ribuan gadis amerika ,trus ibu mau masak ikan itu looooh koq gak ada ,tanya kamu ambil aku jawab lihat di kamarku kalo aku ambil nyatanya gak ada ...pertanyaan SIAPA yang ikan laut ...gimana kalo itu berkas berkas kantor atau hp ne pak yudi 9.000.000 dollar itu !! ngeriiii apa tidak !

    BalasHapus
  29. SIAPA ambil ikan laut itu .....aneeeeeh ...aku kirimi terus al fatehah ke makhluk jadi dia ambil .....sayang nya gak ambil hp ne pak yudi 9.000.000 dollar ,kalo hp itu hilang muncul di kamarku ...!!!

    BalasHapus
  30. https://girlscity.shutterfly.com/pictures#n_5

    KIRIM/SHARE video kalian ke Profilbook lewat email: xhtml1968@gmail.com

    BalasHapus
  31. Untuk station TV bukti ada kunti>> kotak kaca ada lobang di atas di dalam kotak ada 2 bola terus di taruh di luar kotak juga ada
    topeng gadis, sapu tangan ,jubah juga rambut palsu ...ini di pakai oleh bangsa halus ...tampak ada gadis / orang selesai acara baju jatuh ke lantai ....

    BalasHapus
  32. http://kl1p.com/mesineretan/2

    Mesin eretan .....

    BalasHapus
  33. http://kl1p.com/komporkompresor/2

    Kompor listrik tenaga kompressor...

    BalasHapus
  34. http://kl1p.com/6inovasi/2

    6 inovasi .....

    BalasHapus
  35. http://kl1p.com/berassingkong/2

    BERAS dari singkong......

    BalasHapus
  36. http://kl1p.com/sepakbolamini/2

    SEPAK BOLA....

    BalasHapus
  37. http://kl1p.com/tamaninovasi/2

    TAMAN INOVASI.....

    BalasHapus
  38. https://free.facebook.com/niken.dwi.3705?v=timeline&lst=100026034185654%3A100012609286875%3A1532958637

    Mau Call gadis ?

    BalasHapus
  39. http://kl1p.com/multiaccountFB/2

    Multi account FB...

    BalasHapus
  40. http://kl1p.com/baling2lipat/2

    Baling baling lipat....

    BalasHapus
  41. http://kl1p.com/anteneWIFI/2

    Antene WFI......

    BalasHapus
  42. http://kl1p.com/penyuburrahim/2

    Penyubur RAHIM...

    BalasHapus
  43. http://kl1p.com/RCsuperMINI/2

    Mesin RC super MINI.....

    BalasHapus
  44. https://m.youtube.com/?hl=id&gl=ID#/results?q=mati%20nya%20orang%20kafir&sm=12

    Orang mati...

    BalasHapus
  45. http://kl1p.com/kampanyeelektronik/plain

    Kampanye elektronik.....

    BalasHapus
  46. http://kl1p.com/laguindonesia/2

    Lagu indonesia....

    BalasHapus
  47. https://m.merdeka.com/uang/ayo-belanja-murah-di-giant-ekstra-sawojajar.html

    Giant.........

    BalasHapus
  48. http://kl1p.com/remotelagu/2

    Remote lagu....

    BalasHapus
  49. http://kl1p.com/undianbolapingpong/2

    Undian dari GAME di mall...

    BalasHapus
  50. http://kl1p.com/undianpanelbola/2

    Undian dari GAME di lapangan sepak bola di indonesia.....

    BalasHapus
  51. https://jalantikus.com/tips/nada-dering-lucu/

    Nada Dering.......

    BalasHapus
  52. Punya kuping ? Punya mata ? Kalo negara ini GAK mau bangkrut yaaaa goblooook sebaiknya tanya sama YUDI trader 90.000.000 dollar temanku di ruko TOBA Sawojajar di omongongin orang terus negara defisit penuh koruptor ..gooooblooook

    BalasHapus
  53. KPU katanya bisa bisa gak di bayar jutaan PNS di pecatin semua gak goblooook sekali
    MAIN pecat saja ...tapi gak bisa di pecat ....gobloooook...

    BalasHapus
  54. Kebanyakan partai penuh SUAP Menyuap
    politik borok ....system gobloook ..penuh koruptor ....si kaya memonopoli ...kekuasaan
    gobloookkk mau ke sini pak politikus !!!? Saya tunggu....

    BalasHapus
  55. Terlalu BANYAK PARTAI dulu cuma 3 partai koq tiba tiba muncul puluhan partai system politik GOBLOK sekali ...kembalikan lagi saja .....mau ke sini aaa pak politikus...goblooook

    BalasHapus
  56. NEGARA makin RUSAK parah politik gak makin BAIK makin bobrok ,tak ada perbaikan
    punya kuping ? Budeg .....jancoook...Rebutan monopoli kekuasaan .....

    BalasHapus
  57. Kalo Jutaan PNS karena defisit di pecatin semua apalagi swasta APA GAK bangkrut
    padahal uang perputaran dari Gaji PNS
    negara rusak kaco ....jancoooook ..mau ke sini aaaa pak politikus ....

    BalasHapus
  58. REBUTAN MONOPOLI politik supaya menguasai NEGARA ...tapi gobloook MAIN
    PECAT terus saja pembubaran lembaga negara apa KPU di bubarkan ganti kerajaan
    RAJA besar ....

    BalasHapus
  59. Suatu NEGARA BISA kehabisan UANG ini kenapa di pakai apa beli kapal ,pesawat ,bangun gedung , beli baju baru bangun TOL
    baru trus kebanjiran ...

    BalasHapus
  60. Muncul isu ISLAM dan NON ISLAM waaaah mau perang besar lawan DAJAL terkutuk
    pakai keris,batu akik,surat al qur'an waaaah
    hampir hancur negara ini ...gobloook ...

    BalasHapus
  61. PECAH dan HANCUR nya negara ini karena multi factorial busyeeeet deh .....parah sekali
    ....siapa bertanggung jawab ?

    BalasHapus
  62. Bikin ROBOT TANDA CINTA itu gak harus
    ada cincin,berlian,emas,intan gak harus bisa juga Robot itu ada Monitor nampilin foto pacar nya itu ?!

    BalasHapus
  63. https://m.liputan6.com/global/read/2499759/perusahaan-ini-mengaku-bisa-membangkitkan-orang-mati

    Hidupkan orang mati

    BalasHapus
  64. Ada dokter tanya ke dono bisa bikin APK buat rekam medis pasien ....wah nanti saya carikan ...kalo nemu ?

    BalasHapus
  65. https://www.techwalla.com/articles/how-to-send-a-file-to-an-ip-address-with-command-prompt

    Perlu ada seperti bluetooth tapi untuk akses
    MEMORY external 1 G sehingga bisa RUNkan apapun linux supaya bisa live stream....

    BalasHapus
  66. APK FACE CHAT ,apk ini terhubung ke KONTAK JODOH ,mau lihat gadis?

    BalasHapus
  67. Vtube pake referal saya 6778690
    Siap di bantu.. wapri +6287886662962

    BalasHapus
  68. a href=Assapedia izin berkunjung

    BalasHapus